Inovasi Pembelajaran Biologi: e-Lkpd Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Semester I Kelas XI

Suhardi Aldi(1*), Adnan Adnan(2), Ismail Ismail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD berbasis keterampilan proses sains. Model pengembangan penelitian ini yaitu ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Makassar dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 sebanyak 28 orang dan guru mata pelajaran Biologi 3 orang serta 3 validator ahli. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen, lembar validasi e-LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan, dan instrumen tes berupa soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data untuk tingkat kevalidan dan kepraktisan menggunakan angket dan lembar observasi serta data keefektifan dengan tes berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data validitas instrument validasi yaitu 4,6 bersifat valid dan reliabilitas 0,8 bersifat reliabel. Validitas e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 4,5 bersifat valid dan reliabilitas 0,7 bersifat reliabel. Hasil angket respon guru dengan dengan nilai 88% bersifat sangat praktis dan respon peserta didik dengan dengan nilai 89% bersifat sangat praktis. Hasil observasi keterlaksanaan e-LKPD dengan nilai  93% bersifat terlaksana dengan baik. Persentase kelulusan peserta didik sebesar 100% bersifat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan telah memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.

 

Kata kunci: e-LKPD, Keterampilan proses sains, Validi, Praktis, Efektif.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.