Uji Validitas LKPD Berorientasi HOTS Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas X SMA

Sri Rejeki(1*), Adnan Adnan(2), Andi Asmawati Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X SMA. Penelitian ini didasari oleh hasil penelitian pendahuluan terhadap 10 Guru biologi SMA yang menggunakan LKPD dalam mengajar. Hasil penelitian pendahuluan mengungkap bahwa penugasan  dalam LKPD yang memuat ranah HOTS masih sangat rendah yaitu 21,28%, sedangkan K13 menekankan perangkat pembelajaran yang berorientasi HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilaksanakan pada Januari-Februari 2022 bertempat di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi LKPD.  Instrumen tersebut dinilai oleh 3 validator ahli. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui analisis lembar validasi yang telah diisi oleh validator ahli. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan Micrososft Excell sehingga diperoleh data berupa skor kevalidan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X memiliki rata-rata skor kevalidan sebesar 4,38 yang berada pada interval 4.00 ≤ Va ≤ 5.00.  Berdasarkan skor kevalidan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas X yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid.

 

Kata kunci: Validitas, LKPD, HOTS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.