Grup Investigasi untuk Hasil Belajar Biologi yang Terakselerasi

Deby Purwaningsih(1*), Andi Rahmat Saleh(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak kemajuan globalisasi pada bidang pendidikan dimana peserta didik mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran biologi. Tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan proses pembelajaran yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Peserta didik perlu mendengar, melihat, mencari informasi dari berbagai sumber dan berdiskusi  untuk mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Cooperative tipe Grup Investigasi sebagai salah satu model belajar yang efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi pokok materi Ekosistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 12 Bone yang terdiri dari 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis uji N-Gain menunjukkan  bahwa perubahan nilai peserta didik dari pre ke post test termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Grup Investigasi cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas X MIPA SMA Negeri 12 Bone.

Kata kunci: Model Grup Investigasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.