Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN 3 Enrekang

Delivia Mirandah(1*), Ismail Ismail(2), Abd Muis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest tes hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang dicapai model problem based learning pada materi system pernapasan adalah: (1) Hasil analisis deksriptif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 87,42 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 52,12; (2) Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data kelas eksperimen dan kelas kontrol berasal dari populasi yang homogen dan terdistribusi normal kemudian di uji hipotesis yang digunakan adalah Uji-T dengan paired T dependent dengan 𝛼= 0,05 diperoleh t hitung > t tabel (25,938>2,03) untuk hasil belajar. Secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Enrekang.

 

Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.