Pengaruh Sikap Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI IPA MAN di Kota Makassar

Nurzakila Nurzakila(1*), Andi Asmawati Aziz(2), Oslan Jumadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung sikap belajar dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, pengaruh langsung sikap belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar berbasis (Higher Order Thingking Skills) HOTS serta pengaruh tidak langsung sikap belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar berbasis HOTS melalui kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu angket sikap belajar, motivasi belajar, kemandirian belajar dan tes hasil belajar biologi berbasis HOTS. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Path Analysis dengan bantuan SPSS Versi 26.0 for Windows. Berdasarkan pengujian hipotesis, hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar. Sikap belajar, motivasi belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi berbasis HOTS, serta sikap belajar dan motivasi belajar berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar biologi berbasis HOTS melalui kemandirian belajar.

 

Kata kunci:  Sikap, Motivasi, Hasil Belajar HOTS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.