Perbandingan Metode Brain Gym dan Ice Breaking terhadap Konsentrasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Sistem Saraf Kelas XI SMAN 1 Campalagian

Hasnawati Hasnawati(1*), Andi Asmawati Aziz(2), St. Fatmah Hiola(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan 1) Untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa melalui penerapan metode Brain Gym dan Ice Breaking pada materi sistem saraf XI SMAN 1 Campalagian. 2) Untuk mengetahui perbedaan konsentrasi belajar siswa melalui penerapan metode Bain Gym dan Ice Breaking pada materi sistem saraf kelas XI SMAN 1 Campalagian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian Quasi- experimental design, pengukuran konsentrasi belajar dapat diukur melalui angket skala konsentrrasi belajar, lembar obeservasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik chi square dengan derajat kepercayaan 95% (p=0,05). Hasil pengukuran konsentrasi belajar untuk metode Brain Gym berada pada kategori sedang dengan jumlah 20 siswa (68,97%). Pada metode Ice Breaking, konsentrasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 26 siswa (89,66%). bahwa kelas yang diajar menggunakan Ice Breaking lebih besar dari pada menggunakan Brain Gym. Jika ditinjau dari hasil uji perbedaan dikatakan normal dan homogen uji hipotesisnya diperoleh nilai t = 1.251, df =56 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,216/2 = 0,108>0,05, artinya nilai signifikansi lebih besar dari taraf kesalahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara konsentrasi belajar siswa yang diajar melalui penerapan Brain Gym dan siswa yang diajar melalui penerapan Ice Breaking.penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat konsentrasi yang bermakna antara kelas yang diajar menggunakan metode Brain Gym dan metode Ice Breaking.

 

Kata Kunci : Brain Gym, Ice Breaking, Konsentrasi, Sistem Saraf


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.