Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Teknik Muddiest Point Terhadap Hasil Belajar, Aktivitas, dan Kecerdasan Adversitas Siswa

Sri Reskyawati(1*), Firdaus Daud(2), Muhammad Darwis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning dengan teknik muddiest point terhadap hasil belajar, aktivitas, dan kecerdasan adversitas siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasinya seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 21 Gowa tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah 106 siswa. Teknik samplingnya purposive sampling maka kelas yang terpilih adalah XI MIPA 1 dengan 35 siswa dan XI MIPA 2 dengan 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket, dan lembar observasi. Hasil analisis desktiptif diperoleh: (1) Hasil belajar diperoleh tingkat kemampuan siswa berada pada kategori tinggi dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88%, sedangkan nilai rata-rata gain ternormalisasi tinggi, (2) aktivitas siswa dari tujuh aspek yang diterapkan terpenuhi, (3) kecerdasan adversitas siswa berada pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh: (1) terdapat pengaruh hasil belajar dengan nilai sig. sebesar 0,034 dan rata-rata nilai gain ternormalisasi sebesar 0.019, (2) terdapat pengaruh kecerdasan adversitas siswa dengan nilai sig. sebesar 0.045. Secara umum penerapan model discovery learning dengan teknik muddiest point berpengaruh terhadap hasil belajar, aktivitas, dan kecerdasan adversitas siswa kelas XI SMAN 21 Gowa.

Kata kunci: Discovery Learning, Muddiest Point, Hasil Belajar, Aktivitas, Kecerdasan Adversitas.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.