Hubungan Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri 5 Soppeng

NP Sri Ramadani Alam(1*), Nurhayati B(2), Rachmawaty Rachmawaty(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian expost-facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, dan kepercayaan diri dengan hasil belajar peserta didik secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IPA SMA Negeri 5 Soppeng tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel melalui teknik stratified random sampling sehingga diperoleh sampel 213 orang peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian adalah kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, dan kepercayaan diri, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, kepercayaan diri dengan hasil belajar Biologi peserta didik.

Kata kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas, kepercayaan diri, hasil belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.