Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Perhatian Orangtua dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMAN Se-Kabupaten Tana Tidung

Arni Arni(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan adversitas, perhatian orang tua dan efikasi diri terhadap hasil belajar Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI SMAN di Kabupaten Tana Tidung yaitu SMAN 1 Tana Tidung, SMAN 2 Tana Tidung, SMAN TU 1 Tana Tidung. Jumlah populasi sebanyak 129 orang dan berdasarkan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kecerdasan adversitas, perhatian orang tua dan efikasi diri serta dokumentasi hasil belajar Biologi peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kecerdasan adversitas, perhatian orang tua dan efikasi diri. Variabel terikat yaitu hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis inferensial dan hasil penelitian diperoleh bahwa kecerdasan adversitas berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, perhatian orang tua berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, efikasi diri berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, kecerdasan adversitas dan perhatian orang tua berpengaruh secara tidak langsung melalui efikasi diri terhadap hasil belajar. 

 

Kata kunci : kecerdasan adversitas, perhatian orang tua, efikasi diri, hasil belajar Biologi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.