Pengaruh Keterampilan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Biologi Berorientasi HOTS di MAN Se-Kota Makassar

Arina Ulin Niama(1*), Andi Asmawati Aziz(2), Muhammad Junda(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian expost facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan literasi digital terhadap hasil belajar biologi berorientasi HOTS di MAN se-Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di MAN se-Kota Makassar. Sampel sebanyak 230 siswa. Data diperoleh melalui tes hasil belajar berorientasi HOTS dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 nomor dan angket keterampilan literasi dgitial kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi berorientasi HOTS dengan koefisien determinasi sebesar 28,4% sedangkan sisanya 71,6% dipengaruhi oleh  variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Keterampilan Literasi Digital, Hasil Belajar Biologi HOTS


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.