Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMAN 1 Soppeng

Nurul Ummi(1*), Muhiddin Palennari(2), Nani Kurnia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen design dengan menggunakan One Group Pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Soppeng. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa sebagai sampel, hal ini dikarenakan siswa kelas X MIPA 1 merupakan siswa yang disiplin dan mudah diatur. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes berupa essai sebanyak 10 nomor. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest yaitu 83,63 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest yaitu 55,90. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Soppeng.

 

Kata Kunci : Efektivitas, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.