Profil Peserta Didik Terhadap Penerapan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Plantae Kelas X MIA SMAN

Hidayani Ulil Azmi(1*), Sugira Sugira(2), Nurhayati B(3), Hartati Hartati(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah qausy experimental dengan desain penelitian pretest-posttest- control group design yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Sampel penelitian ini secara dipilih secara acak dan terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes pilihan ganda sebelum (pretest) dan sesudah (postest) pembelajaran untuk mengukur hasil belajar setelah pembelajaran (postest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing adalah 42,42% berada pada kategori sangat baik. 54,55% berada pada kategori baik. 3,035% berada pada kategori cukup. (2) Model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi plantae kelas X MIA SMA Negeri 3 Gowa.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.