Studi Literatur: Rancangan Model Pembelajaran “READER” berbasis Literasi Sains
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan pada abad 21 ini kita dihadapkan pada tuntutan akan pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu berkompetisi. SDM yang berkualitas dihasilkan oleh pendidikan yang berkualitas dapat menjadi kekuatan utama untuk untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam pendidikan. Salah satu masalah dalam dunia pendidikan adalah rendahnya literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan teori pengembangan rancangan model pembelajaran inovatif yang berbasis literasi sains dan untuk mengetahui komponen rancangan model pembelajaran READER (Reading, Exploring, Analyzing, Discussing, Elaborating, Reflecting) berbasis literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur review. Rancangan model pembelajaran READER mengintegrasikan kegiatan literasi sains dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam memberdayakan kemampuan literasi sains dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran biologi.
Kata kunci: Model Pembelajaran READER, Pembelajaran Biologi, Literasi Sains.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 39 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.