Studi Literatur: Rancangan Model Pembelajaran “READER” berbasis Literasi Sains

Dinda Marzuki(1*), Arsad Bahri(2), Andi Asmawati Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan pada abad 21 ini kita dihadapkan pada tuntutan akan pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu berkompetisi. SDM yang berkualitas dihasilkan oleh pendidikan yang berkualitas dapat menjadi kekuatan utama untuk untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam pendidikan. Salah satu masalah dalam dunia pendidikan adalah rendahnya literasi sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan teori pengembangan rancangan model pembelajaran inovatif yang berbasis literasi sains dan untuk mengetahui komponen rancangan model pembelajaran READER (Reading, Exploring, Analyzing, Discussing, Elaborating, Reflecting) berbasis literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur review. Rancangan model pembelajaran READER mengintegrasikan kegiatan literasi sains dalam pembelajaran. Model pembelajaran ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam memberdayakan kemampuan literasi sains dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran biologi.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran READER, Pembelajaran Biologi, Literasi Sains.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.