Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Sains Mahasiswa PGSD UNIMEN

Dian Firdiani(1*), Muh. Wajdi(2), Ekajayanti Kining(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap pemahaman konsep dasar sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang. Sampel dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Pengujian hipotesis melalui analisis data menggunakan uji N-Gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes pemahaman konsep dasar sains. Hasil dari penelitian ini didaptkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain berpengaruh terhadap pemahaman konsep dasar sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang. Hal tersebut terlihat dari hasil nilai rata-rata sebelum diterapkannya perlakukan dengan hasil pretest sebesar  67,25. Kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran Predict Observe Explain  didapatkan hasil posttest sebesar 83.75. Hasil nilai N-Gainnya sebesar 0.48 yang menunjukkan bahwa model yang digunakan memberikan pengaruh dalam kategori sedang.

Kata kunci: Model Pembelajaran, POE, Konsep Dasar Sains.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.