Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Sains Mahasiswa PGSD UNIMEN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap pemahaman konsep dasar sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang. Sampel dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Pengujian hipotesis melalui analisis data menggunakan uji N-Gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes pemahaman konsep dasar sains. Hasil dari penelitian ini didaptkan bahwa model pembelajaran Predict Observe Explain berpengaruh terhadap pemahaman konsep dasar sains mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Enrekang. Hal tersebut terlihat dari hasil nilai rata-rata sebelum diterapkannya perlakukan dengan hasil pretest sebesar 67,25. Kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran Predict Observe Explain didapatkan hasil posttest sebesar 83.75. Hasil nilai N-Gainnya sebesar 0.48 yang menunjukkan bahwa model yang digunakan memberikan pengaruh dalam kategori sedang.
Kata kunci: Model Pembelajaran, POE, Konsep Dasar Sains.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 95 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.