Uji Validitas Pengembangan LKPD Berorientasi HOTS pada Materi Biologi Semester Genap Kelas XI SMA/MA

Nur Afni(1*), Adnan Adnan(2), Nurhayati B(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi biologi semester genap kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah  Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi yang diisi oleh tiga validator ahli dari Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Data dikumpulkan melalui analisis lembar validasi yang telah diisi oleh validator ahli dan dianalisis secara deskriptif sehingga didapatkan data berupa skor kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berorientasi HOTS memiliki rata-rata skor kevalidan yaitu 4,60 sehingga disimpulkan bahwa LKPD berorientasi HOTS pada materi biologi semester genap kelas XI SMA/MA memenuhi kriteria valid.

 

Kata kunci: LKPD, HOTS, Materi Biologi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.