Keefektifan E-Modul Berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA

Siti Khumairah Fiqrillah(1*), Muh. Khalifah Mustami(2), Abd Muis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari e-modul berbasis SOLE yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model ASSURE yang terdiri dari tahap analisis karakteristik peserta didik (analyze learner characteristic), menentukan standar dan tujuan pembelajaran (state standar and objectives), memilih metode, media dan bahan ajar (select methods, media and materials), memanfaatkan media dan bahan ajar (utilize media and materials), melibatkan partisipasi peserta didik (require learner participation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah 24 peserta didik Kelas X MIPA 1 SMAN 1 Majene. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021 – Juli 2022. Instrumen yang dikembangkan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 peserta didik memperoleh nilai rata-rata peningkatan pada kategori sedang dan 12 peserta didik pada kategori tinggi, dan secara keseluruhan peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest memperoleh nilai N-gain sebesar 0,69 pada rentang 0,30 < g < 0,70 yaitu pada kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SOLE yang dikembangkan bersifat efektif.

Kata Kunci: Keefektifan, E-modul, Perubahan Lingkungan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.