KAJIAN CERITA “RATU AJI BIDARA PUTIH” DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK SEJAK DINI

Hasbi Hasbi(1*),

(1) S2 Pendidikan Bahasa Indonesia PPs Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Cerita rakyat yang tersebar di berbagai pelosok-pelosok nusantara merupakan salahsatu kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Cerita rakyat juga merupakan kegiatan mengekspresikan nilai-nilai budaya yang ada dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Kearifan lokal suatu masyarakat etnik dalam menyelesaikan persoalan kehidupan individu atau komunal masyarakat etnik tersebut misalnya, dapat dijadikan sumber pembelajaran nilai-nilai pendidikan karakter. Hal ini disebabkan karya sastra mengandung nilai-nilai kearifan karena karya sastra selalu mempersoalkan persoalan manusia dan kemanusiaan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk menanamkan karakter terhadap anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitataf, yaitu menganalisis nilai-nilai karakter dalam cerita anak, dan kemudian akan diajarkan pada anak usia dini. Data yang digunakan adalah sebuah cerita anak dengan judul Ratu Aji Bidara Putih. Hasilnya ditemukan beberapa nilai karakter yang bisa diajarkan pada anak usia dini diantaranya adalah kesopanan, saling menghargai, jujur, terbuka, dan berpikir positif, sabar, ulet, dan bekerja keras.

Keywords


Cerita “Ratu Aji Bidara Putih”, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Aksa, Yati Haswidi, 1990. “Rubah dan Kelinci Suatu Gambaran Tatanan dunia: Studi Banding Beberapa Fabel Karya La Fontaine dan Satjadibara.” Disertasi. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Cholifah. 2003. “Anafora dan Katafora pada Wacana Dongeng Anak serta Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia.” Jakarta: FBS Universitas Negeri Jakarta.

Hasanuddin WS (Ed.) 2012. Telaah Sastra Anak. Padang: Kabarita Press

Hasanuddin WS (Ed.) 2015. Sastra Anak: Kajian Tema, Amanat, Dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar. Bandung: Angkasa Bandung

Junus, Umar. 1993. Dongeng tentang Cerita. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Keraf, Gorys. 1987. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gremedia.

Muhardi dan Hasanuddin WS. 2006. Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya

Wildan, dkk. 2001. Dongeng Anak-anak dalam Bahasa Aceh: Anlisis Struktur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3