PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Amran(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Muslimin Muslimin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar, Jl. Tamalate I, Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar, Jl. Tamalate I, Makassar.
(3) Universitas Negeri Makassar, Jl. Tamalate I, Makassar.
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan di indonesia saat ini belum berjalan secara maksimal oleh karena itu pendidikan karakter sangat diharapkan akan menjadi sebuah model yang akan dibangkitkan kembali dalam pengembangan system pendidikan di Indonesia. Proses Pembentukan karakter yang berkualitas perlu dibina sejak usia dini dan sudah harus dimaksimalkan pada usia sekolah dasar. Potensi karakter yang baik sebenarnya telah dimiliki tiap manusia sebelum dilahirkan, tetapi potensi tersebut harus terus-menerus dibina melalui sosialisasi dan melalui proses pendidikan di sekolah. Usia sekolah dasar merupakan masa dimana anak mampu meniru tingkah lalu konkrit setiap yang mereka lihat sehingga ini sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter setiap individu. Tujuan pendidikan karakter di sekolah dasar untuk mengembangkan potensi kalbu dan hati nurani peserta didik agar memiliki jiwa dan kepekaan social terhadap diri, keluarga dan lingkungannya. Fungsi pendidikan karakter yaitu menumbuhkembangkan kemampuan dasar peserta didik agar berpikir cerdas, berperilaku yang berakhlak, bermoral, dan berbuat sesuatu yang baik, yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Sehingga peran pendidikan karakter di sekolah dasar memiliki posisi yang sangat urugen dalam rangka peningkatan kemampuan peserta didik di dilihat dari kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dan mampu memberikan nuansa tersendiri terhadap setiap satuan pendidikan dalam berinteraksi dengan sesama siswa, guru, dan msyarakat.

Keywords


peran, pendidikan karakter, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Lepiyanto, A. 2011. Membangun Karakter Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioedukasi,2(1): 73-80.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.

Tirtarahardja, Umar. dkk. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Afrizon R, Ratnawulan, Fausi A, 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. http://ejournal.unp.ac.id. (Vol. 1, No. 1)

Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/05/peringatan-hardiknas-2017-percepat-pendidikan-yang-merata-dan-berkualitas Diakses pada tanggal 20 april 2018

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Zuchdi, D. et al. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 29 (1): 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 8283 times | PDF view : 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3