KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 01 BENGKULU UTARA

Iskandar LB(1*), Sudarwan Danim(2), Manap Somantri(3),

(1) SMP Negeri 01Bengkulu Utara
(2) Dosen Prodi Magister Administrasi Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu
(3) Dosen Prodi Magister Administrasi Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian tentang kebijakan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 01 Bengkulu Utara bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah tentang pendidikan karakter, program implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter dan dampak yang terjadi pada siswa SMP. Peneliti menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif, dengan cara peneliti hadir dan mengamati langsung objek penelitian, serta mengadakan wawancara langsung pada para guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 01 Bengkulu Utara memiliki banyak karakter baik yang menonjol seperti religius, jujur, kreatif, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan sosial, komunikatif dan santun. Hal ini menunjukkan bukti bahwa pemahaman kepala sekolah dan guru terhadap program pendidikan karakter yang dalam kebijakannya secara umum nampak pada visi, misi, tujuan dan program sekolah yang bernafaskan pendidikan karakter. Di samping itu, guru selalu berusaha menjadi teladan dan motivator yang baik. Adapun faktor yang mendukung pelaksanaan program pendidikan karakter adalah adanya kerja sama yang baik, lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya perhatian dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya siswa yang kurang termotivasi oleh keluarga atau lingkungan rumah/keluarga yang kurang mendukung program sekolah.

Keywords


kebijakan, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Danim, “Menjadi Komunitas Pembelajar” (Kepemimpinan transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajar). 2003 :77.

Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahannya. Surabaya: CV. Karya Utama, 2005.

Frye, Mike at all. (Ed.) (2002). Character Education: Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina, 2002.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. 2017

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Komite Sekolah. 2017

Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. 2011.

Kesuma, Dharma. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Miles, Matthew & Huberman. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Roehendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.

Pendidikan Karakter: dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press, 2011.


Article Metrics

Abstract view : 1501 times | PDF view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3