PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Nurlaili Nurlaili(1*), Odilia Febrina(2),

(1) Universitas Mulawarman, Kampus Gn. Kelua, Samarinda
(2) Universitas Mulawarman, Kampus Gn. Kelua, Samarinda
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar Kimia pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolitsiswa kelas X di SMA Negeri 8 Samarinda. Model pembelajaran MASTERmerupakan suatu langkah dalam Cara Belajar Cepat (CBC) diterapkan untuk membuat suasana pembelajaran terasa menyenangkan dan jauh dari kesan kaku. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X dan sampelnya adalah siswa kelas X-3 dan kelas X-4 yang masing–masing berjumlah 38 siswa setiap kelas. Langkah-langkah Model pembelajaran MASTER meliputi: Motivating your mind, Acquiring the information, searching out the meaning, Triggering the memory, exhibiting what you know, Reflecting how you’ve learne. Uji signifikansi pengaruh Model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar menggunakan uji t. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas X-3 (pembelajaran MASTER) adalah 73,10. Sedangkan nilai rata-rata siswa kelas X-4 (pembelajaran langsung) adalah 68,18. Data dianalisis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar Kimia pada pokok bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolitsiswa kelas X Di SMA Negeri 8 Samarinda.

Keywords


Model Pembelajaran MASTER, Hasil belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.

Full Text:

PDF

References


Angraeni D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar. Semiarang.1(2).194-205.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. (1988). Konstruktivisme dalam mengajar dan belajar. Ikip Bandung: Bandung.

Santyasa, I Wayan.2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Universitas Pendidikan Ganesha. Nusa Penida.

Marindasari, P.M. (2013). Pengaruh Penerapan Model Accelerated Learning Tipe MASTER terhadap Pencapaian Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPA. (Jurnal Pembelajaran IPA).

Karini, A.P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran MASTER Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD I Bulelang.KecmatanBanyuning. (Jurnal Pembelajaran IPA).

Kurniasih, I & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jogyakarta: Kata Pena.

Lutfiyah, S. R. (2014). Metode Eksperimen dengan Teknik MASTER pada Pembelajaran Fisika di SMP. (Jurnal Pembelajaran Fisika)

Made, N, D, A, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran MASTER dan Asesmen Autentik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Payangan. (Jurnal Pembelajaran IPA)

Pramudjono. (2005). Statistika Dasar (Aplikasi Untuk Penelitian). Samarinda: FKIP UNMUL.

Suprijono, A. (2011). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo. (2009). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Poliyama Widya Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 311 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3