MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KOTA SAMARINDA
(1) FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda
(2) FKIP Universitas Mulawarman, Samarinda
(3) Politeknik Negeri, Samarinda
(*) Corresponding Author
Abstract
Supervisi pembelajaran mutlak harus dilakukan untuk menjaga kualitas dan mutu pendidikan. Terutama karena tingkat kinerja dan profesional guru di Kota Samarinda belum maksimal yang diduga berdampak pada mutu lulusan. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan di kota Samarinda melalui supervisi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi supervisi pembelajaran pada SMA Negeri di Kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model disrepancy, merupakan model evaluasi yang menekankan pada suatu pandangan adanya kesenjangan dalam pelaksanaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) teknik observasi, 2) teknik wawancara. Untuk teknik analisa data yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, masih terdapat SMA Negeri di Kota Samarinda yang belum melaksanakan supervisi pembelajaran. SMA Negeri 2 melaksanakan supervisi pembelajaran tetapi tidak pada semua guru, SMA Negeri 3 tidak melaksanakan supervisi pembelajaran, SMA Negeri 8 melaksanakan supervisi pembelajaran tetapi hanya pada perangkat pembelajaran. SMA Negeri 13 melaksanakan supervisi pembelajaran, baik perangkat pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran.
Keywords
Monitoring, evaluasi, supervisi pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Mukhopadhyay, Marmar. (2005). Total Quality Management in Education (Second Edition). New Delhi: sage Publication India Pvt Ltd
Rochmawati. (2013). Pengembangan Model Kaizen dengan perangkat Fishbone Cause and Effect Diagram untuk Peningkatan Mutu Sekolah Model terpadu Bojonegoro. Universitas Negeri Malang. Tesis Tidak Diterbitkan
Satori, Djam’an. (2007). Supervisi Akademik dan Penjaminan Mutu dalam Pendidikan Persekolahan. Makalah tidak diterbitkan
Satori, Djam’an. (2007). Supervisi Akademik (Teori dan Praktek). Jakarta: Depdiknas.
Widodo, Wahono. (2008). Model Supervisi Pendidikan IPA. Jurnal Wacana Vol. 05 No. 04 November
Article Metrics
Abstract view : 2423 times | PDF view : 167 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3