IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA KOTA GORONTALO: (Antara Harapan dan Realita)

Herson Anwar(1*), Lian G. Otaya(2),

(1) State Islamic Institute (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Celebes, Indonesia
(2) State Islamic Institute (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, Celebes, Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pengelolaan keuangan dan pembiayaan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Kota Gorontalo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa keuangan dan pembiayaan bukan menjadi faktor utama dalam menunjang eksistensi Madrasah Aliyah Swasta di Kota Gorontalo, tetapi keterbatasan keuangan akan menjadi faktor penghambat bagi madrasah dalam mengembangkan dirinya di era persaingan yang semakin kompetitif saat ini. Oleh karena itu, pengelolaan keuangan dan pembiayaan yang baik dalam hal menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), mengidentifikasi sumber dana/menggali dana eksternal maupun internal, merealisasikan dana sesuai dengan rencana, pertanggungjawaban keuangan dan evaluasi anggaran sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan sangat dibutuhkan. Hal ini penting dalam memudahkan Madrasah Aliyah Swasta di Kota Gorontalo untuk menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik yang dimilikinya.

Keywords


Pengelolaan, Keuangan, Pembiayaan Pendidikan, Madrasah.

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin. (2014). Analisis administrasi, manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP). (2013). Madrasah Education Financing in Indonesia. Jakarta: Agency for Research and Development (BALITBANG). https://www.adb.org/sites/default/files/publication/1766 11 /ino-madrasah-education-financing.pdf

Fattah, Nanang. (2007). Landasan manajemen pendidikan. Bandung: RosdaKarya.

Mulyasa. (2013). Menjadi kepala sekolah professional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2010). Konsep pembiayaan pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nugraha, M.S., & Rohayani, A. (2016). The role of madrasah supervisor in sustaining management of quality madrasah aliyah. Advances in Economics, Business and Management Research 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership (ICEMAL2016) Published by Atlantis Press, 14, 201-209.

Dormitzer, H., & Nunes, R.G. (2007). Financial management review: Municipal Data Management and Technical Assistance Bureau. Massachusetts Department of Revenue Town of Dartmouth.

Rahmat, Abdul. (2013). Manajemen pendidikan Islam. Gorontalo: Ideas Publishing.

Rusman. (2011). Manajemen kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Siagian, Harbangan. (2009). Administrasi pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Suhardan, D., & Riduwan. (2012). Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.


Article Metrics

Abstract view : 1684 times | PDF view : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3