DINAMIKA MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR STATISTIK KAB. JENEPONTO

Maksud Hakim(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakanakan di Kab. Jeneponto propinsi Sulawesi selatan dengan tujuan Untuk menganalisis bentuk motivasi kerja yang diterapkan dalam peningkatkan produktivitas kerja pegawai Kantor Statistik Kab. Jeneponto dan Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penelitian ini bersifat spesifik untuk mendeskripsikan secara jelas makna atau fenomena yang terjadi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan paradigma naturalistik (kualitatif) untuk menganalisis dan mengonstruksikan Dinamika Motivasi Terhadap Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Statistik Kab. Jeneponto. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif hasil pengolahan data tersebut, penulis akan menafsirkan tanggapan responden berdasarkan tabel frekuensi ke dalam angka presentase yaitu melihat bobot setiap penilaian responden dan selanjutnya diberikan komentar terhadap setiap tabel yang ada. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pemberian motivasi kerja kepada pegawai melalui tingkat kesejahteraan, promosi jabatan dan kelengkapan sarana dan prasarana kantor menunjukkan indikasi yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawai dan Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas adalah seringnya terlambat penerimaan gaji, jaminan kesehatan tidak sepenuhnya ditanggung pemerintah dan belum sepenuhnya memakai sistem komputerisasi yang dapat menunjang efektivitas kerja pegawai Kantor Statistik Kab. Jeneponto.

Keywords


Motivasi dan Produktivitas Kerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsini. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Melton Putra.

A. Tayibnapis Burhanuddin. 1995. Administrasi Kepegawaian Suatu Tujuan Analitik. Jakarta: PT. Anem Kosong Anem.

Hadi Sutrisno. 2000. Bimbingan Menulis Skripsi Thesis. Yogyakarta: Andi.

Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 1994. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Jakarta: CV. Haji Masagung.

Moekijat. 1990. Pengawasan Efektif. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Nitisemito, ec. Alex. 1983. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sugiono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. 1992. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali.

Wasistiono Sadu, dkk. 2002. Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah. Bandung: Fokus Media.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3