KINERJA KEPALA SEKOLAH

M. Bachtiar(1*), Andi Nurochmah(2),

(1) Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu PendidikanUniverstas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat penting terhadap kualitas sekolah. Hal ini dikarenakan kepala sekolah adalah pemimpin bagi seluruh anggota sekolah sehingga dapat disimpulkan kualitas kepala sekolah akan mempengaruhi kualitas setiap anggota sekolah. Dengan demikian, kepala sekolah harus memiliki kualitas yang baik serta menjalankan setiap fungsi kepala sekolah sesuai dengan pertauran yang berlaku. Perlu adanya kinerja kepala sekolah untuk mengukur kompetensi kepala sekolah dalam memimpin sekolah. Untuk dapat mengetahui kinerja kepala sekolah, maka, dapat dilakukan review terhadap beberapa jurnal. Jurnal yang di review adalah jurnal yang memiliki kredibilitas yang baik dilihat dari struktur jurnal dan juga metode pengambilan data. Setelah dikumpulkan, kemudian, jurnal tersebut direview untuk dipilih sesuai dengan tema. Setelah jurnal terkumpul, dilakukan review untuk ditarik kesimpulan mengenai kinerja kepala sekolah. Hasil dari review jurnal adalah kepala sekolah belum melakukan fungsi supervisi dengan baik. Fungsi supervisi dan manajerial memiliki efek positif terhadap kinerja guru. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah harus melaksanakan fungsi sebagai kepala sekolah dengan baik untuk membentuk sekolah yang berkualitas.

Full Text:

PDF

References


Abeng, Tenri. 1986 Mengukur Produktivitas Manusia Indonesia. Jakarta: Prisma

Ali, M. 1985. Penelitian Pendidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung: Penerbit Aksara

Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara


Article Metrics

Abstract view : 1212 times | PDF view : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3