PERBEDAAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH LAKI-LAKI DAN WANITA HUBUNGANNYA DENGAN KEDISIPLINAN GURU PADA SD NEGERI KECAMATAN SOMBA OPU KABPATEN GOWA

Idawati Idawati(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran kedisiplinan guru SD Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (2) Gambaran kepemimpinan kepala sekolah laki-laki pada SD Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (3) Gambaran gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Wanita pada SD Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (4) Perbedaan gaya kepemimpinan Kepala sekolah laki-laki dan wanita hubungannya dengan kedisiplinan guru pada SD Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik komparatif. Populasi adalah guru SD Negeri se-Kecamatan Somba opu Kabupaten Gowa sebanyak 499 orang. Sampel diambil dengan cara proporsional berstrata dan acak atau proportional stratified random sampling dari populasi guru sebanyak 45 guru dari kepala sekolah laki-laki dan 87 guru dari kepala sekolah wanita. Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kedisiplinan guru adalah kuesioner tertutup yang berbentuk skala dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan statistic dengan menggunakan analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kedisiplinan guru menunjukkan kategori baik. (2) Gaya kepmimpinan kepala sekolah laki-laki menunjukkan lebih otoriter, lebih demokratis, lebih laissez faire dan lebih kharismatik dibandingkan kepala sekolah wanita. (3) Gaya kepempinan kepala sekolah wanita lebih cenderung menggunakan gaya transformatif dalam memimpin. (4) Ada perbedaan gaya kepemimpinan kepala sekolah laki-laki dan wanita. Laki-laki lebih sedikit bergaya otoriter, lebih demokratis, lebih laissez faire (bebas) dan lebih kharismatik dibandingkan kepala sekolah wanita yang lebih transformatif. (5) Tidak ada perbedaan kedisiplinan antara guru yang dipimpin oleh kepala sekolah laki-laki maupun wanita pada SD Negeri Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Keduanya Menunjukkan kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

As-Suwaidah, M. Thariq dan Basyarahil, Faishal Umar. 2005. Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Jakarta: Gema Insani.

Arismunandar, 2006. Manajemen Pendidikan Peluang dan Tantangan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Benfari, Robert. 1995. Memahami Gaya Manajemen And. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Darahim, Andarus. 2003. Kendala Upaya Pemberdayaan Wanita Menuju Kesetaraan Gender. Online (http://www. Asmatmalaikat .com/go/artikel/gender/gender9.htm.) . Diakses 26 Februari 2009.

Fattah, Nanang. 1996. Landasan manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Frankel, Lois.P. 2006. Wanita Terlahir Sebagai Pemimpin. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Online (http://www.portalhr.com/resensibuku/5id13.html). Diakses 3 Februari 2009.

Gorton R, A. 1976. School Administration: Challenge ang Oportunity for Leadership. Dubugue: W.mC Brown Company Publisher.

Goleman, Daniel., Boyatziz, Richard. dan Mckee, Annie. 2005. Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Haji Masagung.

Ilmiah, Taty. 2005. Perbedaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Laki-laki dan Wanita Hubungannya dengan Kedisiplinan Guru pada SD Negeri di Kecamatan Kolaka. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Kumpulan Modul Pelatihan Pratugas Fasilitator PNPM-P2KP. 2007. Analisa Gender dan Ketidakadilan. Disarikan dari buku Analisis Gender dan Transformasi sosial, Mansour Fakih. Makassar: KMW VII Sulsel-Sulbar.

Kumpulan Modul Pelatihan Pratugas Fasilitator PNPM-P2KP. 2007. Filsafat Pendidikan Freire. Disarikan dari buku Pendidikan Popular, Membangun Kesadaran Kritis, Mansour Fakih, Roem Topatimasang, dan Toto Raharjo. Makassar: KMW VII Sulsel-Sulbar.

Mardin, 2000. Tipologi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Dampaknya Terhadap Motivasi Kerja Guru pada SMU Negeri Kota Makassar. Tesis tidak dipublikasin. Makassar: PPs UNM.

Masri, Abd. Rasyid, 2001. Sikap Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Wanita dalam Birokrasi Pemerintahan di Kota Makassar. Tesis tidak dipublikasikan. Makassar: PPs UNM.

Mangkunegara, A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosdakarya.

Makmur. 2007. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nawawi, Hadari. 2008. Gender dan Strategi pengarus-utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah.

Pamudji, 1995. Kepemimpinan Pemerintahan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. 1996. Organizational Behavior; Conceps Controveersies Aplications. New Jersey: Practice Hall, inc.

Rusyan, A Tabrani. 1998. Upaya Meingkatkan Budaya Kerja Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kandaga Cipta Karya.

Rahyuni, 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Wanita Terhadap Kinerja Guru pada SMP dan MTs di Kabupaten Takalar. Tesis tidak dipublikasikan. Makassar: PPs UNM.

Rivai, Veithzal. 2007. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Salim, Peter. 1991. The Contemporary English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Mandar Maju

Susilo, 1998. Manajemen Sumber Dadya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Sugiono, 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Media Grafika.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Kepemimpinan Pendidikan. Online. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/10/kepemimpinan-pendidikan/). Diakses 4 Februari 2009.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Kepemimpinan Wanita. Online. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/25/kepemimpinan-wanita/). Diakses 18 Desember 2008.

Susilo, Muhammad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soekarno, R. Puji. 2009. Kinerja Guru dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Online. (http://cindropraweswari.blogspot.com/2009/02-kinerja-guru-dan-faktor-faktor-yang.html. Diakses 23 Mei 2009.

Thoha, Miftah. 2003. Kepemimpinan dalam Pendidikan Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winardi, 2000. Kepemimpinan dan manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahjosumidjo, 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 1871 times | PDF view : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3