GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN: STUDI KASUS DI DUA SD KECAMATAN MUARA BADAK

Widyatmike Gede Mulawarman(1*), Budi Raharjo(2), Zulkipli Zulkipli(3),

(1) FKIP Universitas Mulawarman dan Budi Rahardjo, Jl. Muara Pahu Kampua Gunung Kelua Samarinda
(2) FKIP Universitas Mulawarman dan Budi Rahardjo, Jl. Muara Pahu Kampua Gunung Kelua Samarinda
(3) SD Muara Badak
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SDN 002 Muara Badak dan di SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak dalam hal pengambilan keputusan, (2) Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dan (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SDN 002 Muara Badak dan di SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah SDN 002 Muara Badak dan Kepala Sekolah SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah SDN 002 Muara Badak dan SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak dalam pengambilan keputusan adalah menggunakan gaya kepemimpinan demokratif yakni kepala sekolah lebih mengutamakan hubungan interpersonal, terbuka, menerima ide, saran dan masukan, serta memiliki sikap bersahabat yang baik dengan rekan kerja. (2) Dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen gaya kepemimpinan kepala sekolah SDN 002 Muara Badak dan SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak menerapkan gaya kepemimpinan demokratif partisipatif hal ini dibuktikan dalam setiap pelaksanaan program sekolah, kepala sekolah lebih mengutamakan kerjasama tim, terbuka terhadap masukan dan saran dari para guru, dan selalu mendengarkan pendapat dari semua guru di dalam rapat sekolah, (3) Faktor penghambat kepala sekolah SDN 002 Kecamatan Muara Badak dan SDN 025 Muara Badak Kecamatan Muara Badak adalah kondisi geografis sekolah, dana operasional sekolah, sarana dan prasarana sekolah yang belum sesuai Standar Nasional Pendidikan. Faktor pendukungnya adalah tenaga pendidik yang telah berkualifikasi S1, Lembaga pendidikan bersertifikat ISO, mendapat tunjangan khusus untuk guru sekolah terpencil, adanya dukungan keluarga, guru serta kepercayaan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbin S.P. 2010. Perilaku Organisasi Konsep-konsep Aplikasi. New Jersey, Pearson Educations. Inc.

Burhan Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta, Prenada Mulia Group.

Fahmi I. 2013. Manajemen Kepemimpinan, Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Basri Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Basri Hasan, Tatang. 2015. Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Herachwat, Nuri dan Dwiatmaja, Basuki, Bhaskaroga. 2012. Majalah Ekonomi. tahun XXII, No. 2 Agustus 2012. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2017

John Suprihanto dkk. 2003. Perilaku Organisasional, Yogyakarta: STIK YKPN.

Muhaimin, Suti’ah dan Sugeng. 2010. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2013. Cetakan Ketiga, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta, Bumi Aksara.

Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. Ngalim. 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cetakan Kedua puluh dua, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rivai Veithzal Zainal, dkk. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi Ke empat. Cetakan ke 12, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sasmita Jumiati, As’ad Raihan Said. Kepemimpinan Pria dan Wanita. Fakultas Bisnis dan Fascasarjana Unika Widya Mandala Surabaya. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2016

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Syafarudin. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan, Jakarta. Rineka Cipta.

Umar Nasaruddin. 2010. Argumen Kesetaraan Jender persfektif Al-Quran, Jakarta: Dian Rakyat.

Usman Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Edisi 3, Jakarta, Bumi Aksara.

Usman Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan.Edisi 4, Jakarta, Bumi Aksara.

Fakih Mansoer. 2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yokyakarta: Pustaka Pelajar


Article Metrics

Abstract view : 2473 times | PDF view : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy, Makasar, April 21, 2018 ISBN: 978-602-52158-0-3