Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pencapaian Kecakapan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat217512013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pencapaian kecakapan ilmiah mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing dan pencapaian kecakapan ilmiah mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (2) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing . Penelitian ini disebut penelitian populasi dengan metode pre–eksperimental design dan bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data melalui test, angket dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif yang meliputi nilai rata-rata, standar deviasi dan analisis presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kecakapan ilmiah mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dan mahasiwa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan inkuiri terbimbing.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Kecakapan Ilmiah Mahasiswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 564 times | PDF view : 606 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)