Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Limit Fungsi di Satu Titik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat127422012
Abstract
Konsep limit fungsi memegang peranan yang sangat penting karena merupakankonsep dasar untuk membangun beberapa konsep kalkulus lainnya, misalnya turunan danintegral. Beberapa mahasiswa belum memahami definisi formal limit fungsi di satu titikdan belum mampu mengaplikasikan definisi formal untuk menvalidasi kebenaran nilailimit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadapkonsep limit fungsi di satu titik. Pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini adalahpemahaman instrumental (mampu menuliskan konsep limit fungsi di satu titik tetapi tidakmampu menjelaskan dengan tepat) dan pemahaman relasional (mampu menuliskan danmenjelaskan konsep limit fungsi di satu titik dengan tepat). Subjek penelitian adalah tigaorang mahasiswa Jurusan Matematika yaitu seorang berkemampuan tinggi (ST) denganIPK lebih besar 3,50, berkemampuan sedang (SS) dengan IPK antara 3,10 sampai 3,50,dan berkemampuan rendah (SR) dengan IPK kurang dari 3,10. Untuk mengungkap datapenelitian, dilakukan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Hasil penelitianmenunjukkan pemahaman subjek tinggi dan subjek sedang terhadap aspek-aspek yangdiamati, pada umumnya termasuk pemahaman relasional, sedangkan pemahaman subjekrendah pada umumnya termasuk pemahaman instrumental.
Kata kunci : Pemahaman instrumental dan relasional, limit fungsi di satu titik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2672 times | PDF view : 1290 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)