Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Menggunakan Blended Learning Terintegrasi Discovery Learning

Muhiddin Palennari(1*), Adnan Adnan(2), Nur Fajrianti(3),

(1) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat7164762018

Abstract


Media pembelajaran moodle secara blended learning yang terintegrasi model discovery learning dibelajarkan dengan tujuan membelajarkan materi sistem reproduksi manusia yang berbasis online. Pembelajaran blended learning berbasis moodle (bioshare.my.id) dianalisis hingga bersifat valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penilaian produk dilakukan oleh dua validator ahli berupa instrumen penilaian silabus, instrumen penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen penilaian moodle, instrumen angket respon guru dan peserta didik. Hasil penilaian dari validator ahli menunjukkan bahwa produk yang akan dibelajarkan layak untuk digunakan karena nilai validitas silabus yaitu 4,86; RPP yaitu 4,70; LKPD yaitu 4,90; moodle yaitu 4,82; angket respon guru yaitu 4,93; dan angket respon peseta didik yaitu 4,90 (sangat valid). Kepraktisan media diperoleh respon guru dengan nilai 89,94 (sangat praktis) dan respon siswa dengan nilai 70,20 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan media pembelajaran online berbasis moodle yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1078 times | PDF view : 1359 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhiddin Palennari, Adnan Adnan, Nur Fajrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.