Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Fisika

Bambang Edi Purnomo(1*), Iriwi L.S. Sinon(2), Irfan Yusuf(3), Sri Wahyu Widyaningsih(4),

(1) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
(2) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
(3) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
(4) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat6164572017

Abstract


Masalah penelitian ini adalah rendahnya partisipasi dan prestasi belajar fisika peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar fisika peserta didik. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Negeri 01 Manokwari semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran fisika. Instrumen penelitian menggunakan tes prestasi belajar, lembar angket partisipasi, lembar observasi partisipasi, angket respon peserta didik, lembar observasi guru dan catatan lapangan. Pelaksanaan penelitian secara kolaboratif dengan melibatkan 2 guru fisika. Seorang guru bertindak sebagai pelaksana tindakan dan seorang guru lagi bertindak sebagai pengamat aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata skor partisipasi 3,07, dan rata-rata skor prestasi belajar fisika 59,70 dengan persentase klasikal 20%. Siklus II dengan rata-rata skor partisipasi 3,11, dan rata-rata skor prestasi belajar 80,79 dengan persentasi klasikal 77%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi dan ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar fisika peserta didik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bambang Edi Purnomo, Iriwi L.S. Sinon, Irfan Yusuf, Sri Wahyu Widyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.