Deskripsi Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Proporsi

Said Fachry Assagaf(1*), Djadir Djadir(2), Usman Mulbar(3), Fajar Arwadi(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5264502016

Abstract


Proporsi merupakan salah satu topik matematika yang mulai diajarkan di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana siswa sekolah dasar kelas 5 memecahkan masalah kontekstual proporsi ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang terdiri dari kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Soal tentang konsep proporsi. Hasil menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Subjek tersebut hanya membandingkan antara kuantitas yang satu dengan kuantitas yang lain secara langsung. Subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Akan tetapi, mereka belum menunjukkan alasan yang kuat dalam hal membandingkan tiga buah kuantitas. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menggunakan konsep proporsi untuk menyelesaikan masalah terkait perbandingan. Subjek tersebut mampu membandingkan ketiga kuantitas dalam masalah yang diberikan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 213 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Said Fachry Assagaf, Djadir Djadir, Usman Mulbar, Fajar Arwadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.