Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ipa Terpadu Model Connected

Sitti Rahma Yunus(1*), Husnul Khatimah Hadir(2), Ratnawaty Mamin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5264472016

Abstract


Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Suli yang diajar dengan pembelajaran IPA terpadu model connected ( Persentase ketuntasan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran IPA terpadu model connected. Desain Penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA terpadu model connected sedangkan variabel terikatnya adalah peningkatan hasil belajar peserta didik. Sampel penelitan ini adalah kelas VII1 dengan jumlah 27 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan berupa pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 item yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata N-gain hasil belajar peserta didik adalah 0,6 yang berada pada kategori sedang dengan persentase 52% kategori tinggi dan 48% kategori sedang, 0% kategori rendah. Selanjutnya dilihat dari ketuntasan hasil belajar ditemukan bahwa persentase jumlah peserta didik yang nilainya di atas KKM adalah 81,4%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu Model Connected dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 352 times | PDF view : 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sitti Rahma Yunus, Husnul Khatimah Hadir, Ratnawaty Mamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.