Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa SMP/MTs
(1) Jember University
(2) Jember University
(3) Jember University
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat121440992023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitas bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini ialah model plomp. Subyek penelitian sebanyak 25 peserta didik di kelas VII C SMP 2 Maesan dengan desain uji coba pretest dan posttest . Hasil penelitian pengembangan yang diperoleh adalah (1) Kevalidan bahan ajarnya dinilai oleh tiga validator memiliki rata-rata persentase 90% kategori sangat valid (2) Kepraktisan bahan ajarnya memiliki rata-rata persentase 89,5% yang disimpulkan kategori sangat praktis yang dinilai oleh tiga observer (3) keefektivitas bahan ajar didapat dari nilai N-gain pre-test dan post-test dengan menujukan rata-rata skor sebesar 0,64 yang disimpulkan kategori sedang dan angket respon siswa memiliki presentase 81,8% termasuk kategori sangat baik.
Kata kunci: Bahan Ajar, Flipbook, kreatif
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 125 times | PDF view : 107 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Resita Nova Elisya, Sri wahyuni, Nur Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.