Analisis Perkuliahan Daring Konsep Dasar IPA: Study Kasus

Nasrah Nasrah(1*), Rr. Yuliana Purwati(2), A. Muafiah Nur(3),

(1) Muhammadiyah Makassar University
(2) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
(3) Muhammadiyah Makassar University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat122440882023

Abstract


Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kendala perkuliahan Konsep Dasar IPA berdasarkan pendapat pengajar (dosen) sehingga dapat memperoleh solusi dari adanya permasalahan hasil belajar mahasiswa yang relatif rendah. Metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian 4 orang sampel dari 10 populasi dosen di dosen rumpun IPA prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Muhammadiyah Makassar. Hasil dan pembahasan ditinjau dari empat aspek yaitu (1) Penggunaan model/strategi/metode perkuliahan; (2) Penggunaan media pembelajaran; (3) Permasalahan dosen yang dialami pada saat penyampaian materi; (3) Permasalahan mahasiswa dalam mengikuti perkulihan; (4) Solusi-solusi yang diberikan dosen dalam mengatasi permasalahan perkuliahan.. Berdasarkan metode pengolahan triangulasi dan analisis data dari Miles dan Huberman, disimpulkan bahwa dalam meskipun para dosen tidak terkendala dalam penyampaian materi perkuliahan namun keberhasilan pembelajaran sangat memerlukan upaya penguatan oleh mahasiswa. Pembelajaran aktif yang mengedepankan metode presentasi, diskusi dan tanya jawab sangat direkomendasikan untuk memastikan keterlibatan penuh mahasiswa sesi belajar secara daring.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nasrah Nasrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.