Kemampuan Metakognitif Siswa d alam Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Bosowa School Makassar

Priscilia Indah Palangi(1), St Muriati(2*), Rizki Trisnawaty Arwien(3), Zose Wirawan(4), Jaja Jamaluddin(5),

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Bosowa
(4) Universitas Bosowa
(5) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat121438382023

Abstract


Metakognisi merujuk pada kemampuan untuk mengatur proses kognitif seseorang, termasuk dalam hal mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan metakognitif siswa dalam menerapkan, mengulang, dan menjelaskan materi ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni metode ilmiah sistematis yang digunakan untuk menyelidiki fenomena dan hubungan kausalitasnya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Bosowa School Makassar, sedangkan sampel terdiri dari 11 siswa dari kelas VII. Data dikumpulkan melalui teknik survei yang menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Bosowa School Makassar memiliki kemampuan metakognitif yang baik, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang solid tentang konsep ilmu pengetahuan alam dan tidak mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.

Kata kunci: Pengetahuan Metakognisi, Pembelajaran IPA, Gaya Belajar Reflektif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 St Muriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.