Keefektifan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Kelas X SMAN 5 GOWA (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Redoks)

Ahmad Rafidi Sumar(1), Muharram Muharram(2), Jusniar Jusniar(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat112243352022

Abstract


Penelitian pra eksperimen bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan Model discovery learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Kelas X MIPA 1 SMAN 5 Gowa studi pada materi pokok reaksi redoks. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Gowa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbasis HOTS dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata gain ternormalisasi 0.71, yang artinya penggunaan model discovery learning efektif dengan kategori tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Gowa pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon satu kelompok diperoleh nilai whitung terendah = 164.5 dan nilai wtabel pada taraf kepercayaan 0,05 sebesar = 151. Ini menunjukkan H0 diterima dan H1 ditolak, yang berarti penggunaan model discovery learning tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 5 Gowa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Rafidi Sumar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.