Pengaruh Model Discovery Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

S. Satriani(1*), Tauhidah Bachtiar(2), Mery Hariratul Jannah(3),

(1) Jurusan Pendidikan Biologi, STKIP Yapti Jeneponto
(2) Jurusan Pendidikan Biologi, STKIP Yapti Jeneponto
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Yapti Jeneponto
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat101227682021

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Pesantren Al Qamar Kab.Takalar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen). Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Analisis data menggunakan uji analisis kovarian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan analisis inferensial menggunakan aplikasi komputer SPSS versi 20.0 for windows.  Hasil analisis uji anacova pada nilai intercept menunjukkan nilai konstanta dengan signifikansi 0,000 < 0,05, artinya pretest dan model pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan secara simultan berbeda dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar. Nilai signifikansi kemampuan awal (pretest) menunjukkan 0,235 > 0,05 artinya kemampuan awal tidak signifikan terhadap motivasi belajar dengan dampak perlakuan 3,8 persen dan 0,029 < 0,05 artinya kemampuan awal signifikan memiliki dampak terhadap hasil belajar 12,3 persen. Model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 terhadap motivasi belajar dan 0,029 < 0,05 terhadap hasil belajar, artinya model pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar yang berbeda pada setiap sampel penelitian memiliki perbedaan yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan dampak perlakuan masing-masing variable 19,0 persen dan 12,3 persen.

Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi, Hasil belajar.

 

        The purpose of this study was to determine the effect of the Discovery Learning learning model by utilizing the environment as a learning resource on the motivation and learning outcomes of seventh grade students at MTs Pesantren Al Qamar Kab. Takalar. This type of research is a quasi-experimental research (quasi-experimental). The research sample was selected using a purposive sampling technique as many as 2 classes with 20 students in each class. Data analysis used covariance analysis test. The data obtained were analyzed descriptively and inferential analysis using the computer application SPSS version 20.0 for windows. The results of the analysis of the anacova test on the intercept value showed a constant value with a significance of 0.000 <0.05, meaning that the pretest and the learning model using the environment simultaneously had different impacts on motivation and learning outcomes. The significance value of the initial ability (pretest) shows 0.235 > 0.05, meaning that the initial ability is not significant on learning motivation with the impact of treatment at 3.8 percent and 0.029 <0.05, meaning that the initial ability has a significant impact on learning outcomes 12.3 percent. The learning model shows a significance value of 0.006 <0.05 on learning motivation and 0.029 <0.05 on learning outcomes, meaning that learning models using different learning resources in each research sample have significant differences on student motivation and learning outcomes with the impact of each treatment. -each variable is 19.0 percent and 12.3 percent.

Keywords: Discovery learning, motivation, Learning result.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 S. Satriani, Tauhidah Bachtiar, Mery Hariratul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.