Peningkatan Kemampuan Matematika Dasar dengan Metode Pembelajaran Langsung dan Tutor Sebaya Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM

I. Irwan(1*), Sahlan Sidjara(2), Said Fachry Assagaf(3),

(1) FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat91199052020

Abstract


Kemampuan awal memiliki peran yang sangat penting baik dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru dipelajari, maupun mengelaborasi pengetahuan tersebut dengan yang telah dimiliki sebelumnya. Bagi pengajar, pengetahuan tentang kemampuan awal peserta didik dapat menjadi acuan dalam menetapkan titik awal pembelajaran, pendekatan dan teknik mengajar, serta program-program penunjang pembelajaran. Secara umum, pengetahuan awal mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari latar belakang pendidikan, kondisi ekonomi, lingkungan sosial, hingga kondisi geografis daerah asal. Dalam penerimaan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM beberapa tahun terakhir, pihak jurusan berusaha merangkul calon mahasiswa dengan latar belakang yang cukup beragam. Proses tersebut dilakukan dengan menerapkan tiga jalur penerimaan yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Tulis Lokal dengan juga memfasilitasi calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial melalui jalur Bidikmisi. Perlu diketahui bahwa ketiga sistem penyeleksian tersebut menilai calon mahasiswa tidak hanya dari kemampuan matematikanya saja, melainkan pada kemampuan dasar mereka secara menyeluruh, serta jejak prestasi baik akademik maupun non-akademik selama di SMA.

 

Kata kunci: kemampuan awal, pendampingan langsung, dan tutor sebaya


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 148 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 I. Irwan, Sahlan Sidjara, Said Fachry Assagaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.