Penerapan Pembelajaran Konstruktivis-Novick dengan Media Edutainment terhadap Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa

Ashari Najib(1*), Muhammad Ali P(2), N. Nurhidayah(3),

(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Al Asyariah Mandar
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Al Asyariah Mandar
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat82107222019

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model konstruktivis novick dengan media edutainment terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa. adapun populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wonomulyo sebanyak 180 siswa yang terbagi kedalam 5 kelas, kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep siswa dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivis novick lebih tinggi dibandingkan motivasi belajar siswa yang diajar tanpa model pembelajaran konstruktivis novick dengan media edutainment, dan (2) rata-rata pamahaman konsep siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivis novick dengan media edutainment lebih besar dibandingkan rata-rata pemahaman konsep siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran konstruktivis novick dengan media edutainment.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ashari Najib, Muhammad Ali P, N. Nurhidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.