Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad

Iim Halimatul Mu'minah(1*), Ipin Aripin(2),

(1) Universitas Majalengka1/ Pendidikan Biologi, Universitas Majalengka
(2) Universitas Majalengka1/ Pendidikan Biologi, Universitas Majalengka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat82107172019

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis STEM dengan bantuan ICT untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian Pre- experiment dengan desain penelitian yang digunakan “one group Pretest-posttest design”. Sampel terdiri dari 6 kelas dan terpilih satu kelas sebanyak 32 siswa. Pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa di peroleh skor rata-rata pretest sebesar 69,03 dan skor rata-rata posttest sebesar 82,44 dengan N-Gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Sedangkan pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh skor rata-rata pretest sebesar 74,63 dan skor rata-rata posttest  sebesar 87,97 dengan N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Sedangkan  Peningkatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi diperoleh prosentasi diatas 66%, keterampilan komunikasi diperoleh hasil sebesar 67,13% dan keterampilan kolaborasi diperoleh sebesar 74,75% dan termasuk kategori baik. Tanggapan Siswa diperoleh hasil lebih dari 61% yaitu sebesar 68,06% maka termasuk kategori baik pula. Untuk tingkat efektifitas keterlaksanaan pembelajaran  diperoleh hasil diatas 61% yaitu sebesar 72,63%. Maka dapat disimpulkan Pembelajaran IPA BerbasisScience, Technology, Engineering and Mathematic (STEM)berbantuanICT dapat meningkatkan keterampilan Abad 21 dan berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Iim Halimatul Mu'minah, Ipin Aripin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.