PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) BAGI MAHASISWA PKK FT. UNM PADA MATA KULIAH RIAS FANTASI

Nurnaga Nohong(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v8i1%20NOV.99

Abstract


Pembahasan yang diuraikan adalah hasil dari penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang menjadi masalah dalam hal ini adalah apakah dengan gabungan strategi pembelajaran PBAS dengan Quantum Learning dapat memberikan dan membentuk kreativitas mahasiswa dari rias fantasi. Hasil dari pembahasan penelitian memberikan informasi bahwa pendekatan PBAS membuat mahasiswa bebas berkreatif setelah menerima pengetahuan dan keterampilan dasar. Mereka bebas mengaplikasikan illustrasinya untuk melukis membentuk suatu rias yang telah didesain sebelumnya, sehingga hasil kreasi mereka nampak menarik dan memuaskan. Demikian pula semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini mereka merasa nyaman, senang dan relaks dalam berkreasi, tidak bosan dan capek karena metode Quantum Learning yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk memilih tempat dalam kelas, mereka diberi kesempatan membunyikan lagu-lagu sementara berkreasi dan diberikan kesempatan menyediakan minuman sendiri dan jajan agar para mahasiswa tetap bersemangat, tidak lapar dan haus sehingga dapat  menyelesaikan tugas merias dengan hasil yang memuaskan.

Key Words : Pembelajaran PBAS, Quantum Learning, Rias pantasi


Article Metrics

Abstract view : 440 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png