ANALISIS BUSANA MUSLIM SEBAGAI BUSANA POPULER MENOLAK MODERNISASI BUSANA YANG EROTIS

Sitti Maryam(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v8i1%20NOV.94

Abstract


Dengan bangkitya Islam di seluruh dunia yang mulai pada tahun 1970’an, busana Muslim menjadi populer di Indonesia. Pada masa lalu, hubungan di antara agama Islam dan politik Indonesia kurang begitu harmonis.  Pemerintah mencoba menghambat dukungan agar syariah Islam dilaksanakan di Indonesia.  Akibatnya, penduduk Indonesia tidak suka fanatisme Islam.  Oleh karena itu, perempuan yang berbusana Muslim dianggap sebagai orang fanatik, dan berbusana Muslim dianggap sebagai perlawanan terhadap negara Indonesia.  Tetapi, suasana agama menjadi lebih terbuka sesudah kebangkitan Islam. Sejak saat itu semakin banyak perempuan yang berbusana Muslim.Ternyata berbusana Muslim sudah diterima oleh masyarakat dan sudah dianggap sebagai hal yang biasa.  Busana Muslim menjadi unsur kebudayaan populer di Indonesia, dan industri busana Muslim berkembang pesat.  Karena berbusana Muslim menjadi populer di Indonesia, ada orang yang berpendapat bahwa  keterkaitan agama dengan busana Muslim sudah hilang, tetapi ternyata pendapat ini tidak benar.  Orang-orang ini tidak menyadari bahwa seseorang bisa berbusana Muslim sambil mendapat kesenangan dari tindakan itu, dan kesenangan tidak harus memperkecil alasan agama.  Kalau meneliti industri busana, harus memahami semua lapis-lapis industri itu, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi busana Muslim. Profil-profil tentang orang yang membuat dan mendistribusikan busana Muslim misalnya perancang mode Islam, seorang tailor busana Muslim, dan pemilik toko busana Muslim  memberi informasi tentang industri busana Muslim di antara konteks agama, sosial, politik dan ekonomi di Indonesia.  Cara mengiklankan busana Muslim, melalui majalah, televisi dan koran tabloid dengan jelas memberi kesan bahwa perempuan teladan di Indonesia adalah perempuan yang berbusana Muslim. Dari profil-profil itu bisa mendapat gambaran yang lebih dari hanya sekedar industri busana Muslim saja, tetapi juga bisa menemukan pikiran perempuan yang berbusana Muslim tentang arti berbusana Muslim, motivasi pribadi dalam berbusana Muslim, dan apa maksud perempuan teladan di Indonesia.

 

Key words : Busana Muslim, Busana Populer, Modernisasi


Article Metrics

Abstract view : 2652 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png