BAHAN AJAR MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS KITAB SAFINATUN NAJAH DI LINGKUNGAN PESANTREN

Alivia Nadatul Aisyi(1), Arju Muti’ah(2*), Bambang Edi Pornomo(3),

(1) FKIP Universitas Jember
(2) FKIP Universitas Jember
(3) FKIP Universitas Jember
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6213

Abstract


Instructional Material Result in Writing a Procedure Text Based on Kitab “Safinatun Najah” in Pesantren. The research and development of this instructional material results in a product in the form of a procedure text module based on Safinatun Najah. This research and development model used the 4D model which is modified into define, design, and develop. The development of this instructional material was based on the 2013 Curriculum through the scientific approach. The result categorizes the module as a highly appropriate module with an average validity score of 91,7%. The implementation of the instructional material was conducted in two meetings. The results of the study obtained practical score of 95% and 98%. The response’s result toward the module obtained an average score of 89%. The result indicates that instructional material is appropriate to apply.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Adi-tama.

Akhadiah, Sabarti., Arsjad, Maidar G., dan Ridwan, Sakura H. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Al’aliyah, Orina Isnaeni. 2017. Pengembangan Media Video Slide Berbasis Audio Visual dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Surabaya Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Surabaya: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Yogyakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2007. Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Hasan, N. M., dan Supriyanto, Arie. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Transformasi. 12 (1): 51–60.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud.

Kurniasari, Indah. 2015. Pengembangan Modul Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Malang: Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rapi Tang, Muhammad, Jufri Jufri, dan Sultan, Sultan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Cerita Fiksi Berbasis Wacana Budaya di Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2): 169–175.

Saleh, Muhammad dan Sultan, Sultan. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 yang Mengintegrasikan Karakter Bangsa di SMP. Pendi-dikan dan Pembelajaran, 22(2): 117–129.

Sorraya, Artifa. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Teks Pro-sedur Kompleks dalam Pembelajaran Bahasa Indo-nesia untuk Kelas X SMK. NOSI, 2(2): 21–25.

Susilo, A., Siswandari, dan Bandi. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Ke-mampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMAN Slogho-himo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26 (1): 50–56

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teac-hers of Exceptional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, Univer-sity of Minnesota.

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Wekke, Ismail, Suwardi. 2014. Tradisi Pesantren dalam Konstruksi Kurikulum Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua Barat. Jurnal Karsa, 22 (1): 22–39.

Yasin, Asep Badri. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kitab Safinatun Najah terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih: Studi MA Daarul Falah Ciloang Ko-ta Serang. Tesis. Banten: UIN Banten.


Article Metrics

Abstract view : 1243 times | PDF view : 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Alivia Nadatul Aisyi, Arju Muti’ah, Bambang Edi Pornomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: retorika@unm.ac.id

e-ISSN 2614-2716

p-ISSN 2301-4768

Indexed by:

Creative Commons License
RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.