Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD

Sri Lestari Handayani(1*), Diki Rukmana(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752

Abstract


Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu bentuk penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Didalam penelitian tindakan kelas guru berperan subagai peneliti itu sendiri karena guru dipandang sebagai orang yang paling tahu mengenai permaslahan yang terjadi didalam kelas yang dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Melalui penelitian kelas guru merumuskan masalah apa saja yang terjadi didalam kelas untuk kemudian dicari strategi pembelajaran alternatif sebagai upaya untuk memecahkan masalah tersebut. Mengingat pentingnya penelitian tindakan kelas, maka seorang guru wajib untuk memiliki kemampuan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun proposal, melakukan penelitian tindakan kelas dan melaporkannya. Melalui kegiatan pelatihan ini dapat menumbuhkan minat guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas sehingga diharapkan dapat menjadikan budaya meneliti lebih melekat pada diri seorang guru.


Keywords


penelitian tindakan kelas, karya tulis ilmiah, guru sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed). Boston: Pearson Education.

Emzir, (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Fraenkel, J .R.,et al. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan. (2015). Panduan Pelaksanaan Program Penelitian Tindakan Kelas Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2016.

Muslich, M. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan juncto Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri PAN Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wiraatmadja, R. (2014). Metode Penemilitan Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1739 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Sri Lestari Handayani, Diki Rukmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by