Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuhnya Minat Belajar Siswa Di SD Islam Athirah Makassar Kelas 4

Andi Fatmayanti(1*), Tri Susantri(2),

(1) STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA
(2) Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i3.9720

Abstract


Abstract. This research aims to determine the factors that influence the growing interest in learning of students in Athira Makassar Islamic Elementary school in class 4.1. This study uses a quantitative approach with descriptive survey method. The population of the research was 74 fourth grade students of Athira Makassar Islamic Elementary school, consist of 4 classes, the sampling using simple random sampling technique, so that class 4.1 was chosen as a sample of 20 students. Data were analyzed using statistical data analysis technique which consisted of editing, data tabulated stages, then presented and then presented in table form and described descriptively. The result showed a percentage of learning method 14,41%, the geographical location of the school 12,56%, phisycal indikator 11,78%, learning models 11,74%, talent 9,18%, learning models 8,54%, indikator of needs 6,28%, social competence 5,97%, building indikator 5,77%, personality competence 5,43%, and pedagogic competence 5,30%. It was concluded that the learning method was the most influential factor in the growth of student`s interest in learning at Athira Makassar Islamic Elementary school grade 4.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tumbuhnya minat belajar siswa di SD Islam Athirah Makassar kelas 4.1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif.Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas 4 SD  Islam Athirah Baruga Makassar berjumlah 74 orang siswa yang terdiri dari empat kelas, penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas 4.1 sebagai sampel yang berjumlah 20 orang siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik yang terdiri dari tahap penyuntingan, input data, dan tahap tabulasi,selanjutnya dipersentasekan kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase metode pembelajaran 14,41%, letak geografis sekolah (12,56%), indikator fisik (11,78%), model pembelajaran (11,74%), bakat (9,18%), model pembelajaran (8,54%), indikator kebutuhan (6,28%), kompetensi sosial (5,97%), indikator bangunan (5,77%), kompetensi kepribadian (5,43%), dan kompetensi pedagogik (5,30%).Disimpulkan bahwa, metode pembelajaran adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap tumbuhnya minat belajar siswa di SD Islam Athirah Makassar kelas 4.

Keywords


minat belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi & Supriyono. 2013.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dinar & Gatot. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. Vol 1, No. 2. (portalgaruda.org, diakses 22 April 2017)

Makmun. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosdakarya

Morissan: 2015. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenada

Ramayulis. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo

Sagala. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Syah. Psikologi Belajar. 2013. Depok: Rajagrafindo

Upton. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 andi fatmayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.