Pelatihan Pembuatan dan Pengembangan Instrumen (Non-Tes) Penelitian bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lancang Kuning

Marwa Marwa(1*), Herlinawati Herlinawati(2),

(1) Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Lancang Kuning
(2) Universitas Lancang Kuning
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9669

Abstract


ABSTRAK
Penguasaan metodologi penelitian merupakan hal penting bagi mahasiswa dimana mereka dituntut untuk mampu melakukan penelitian sebagai bagian dari kegiatan akademik. Beragam metode penelitian mempunyai cara berbeda dalam teknik pengumpulan data. Salah satunya adalah metode survei yang banyak digunakan peneliti dimana angket atau kuesioner selalu dipakai sebagai teknik pengumpulan data. Namun, berdasarkan fakta yang ditemukan banyak mahasiswa peneliti yang belum memahami secara jelas bagaimana merancang, menggunakan, dan menganalisa angket dengan benar. Hal ini menjadi permasalahan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru bahwa mereka masih belum memahami secara jelas teknis pembuatan angket yang layak untuk dipakai sebagai instrumen pengumpulan data penelitian dan bagaimana mengolah data yang diperoleh dari angket. Oleh karena itu, tim pelaksana pengabdian merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta memperkaya pengetahuan mahasiswa melalui pelatihan/workshop untuk mengatasi permasalahan ini. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari yang berlangsung selama 4,5 jam dan dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, mahasiswa diberikan topik dan materi pembuatan angket beserta contohnya. Selanjutnya, pada sesi kedua peserta diberikan penugasan membuat angket dibimbing langsung oleh tim pelaksana pengabdian. Penyelesaian tugas pelatihan dilanjutkan diluar sesi selama dua minggu dengan bimbingan online via grup WhatsApp. Dengan adanya kegiatan ini, dapat dilihat bahwa peserta pelatihan memahami langkah-langkah pembuatan instrumen angket dan dapat menyelesaikan tugas-tugas pelatihan yang diberikan kepada mereka. Mahasiswa mampu membuat angket penelitian sendiri dan dapat digunakan untuk kepentingan pengumpulan data untuk penyelesaian tugas akhir mereka.

Kata kunci: Pelatihan, pembuatan angket, FKIP, Prodi Bahasa Inggris

ABSTRACT
Research methodology is a pivotal thing to students-researchers since they are required to conduct a lot of scientific research in academic settings. Different research methods result to different ways of data collection techniques. In fact, survey design has been frequently used along with the questionnaire as the common instrument to collect data. However, many students-researchers have not fully understood how to construct/design, use and analyze a questionnaire well. This similar case happened to the English students in the Faculty of Education and Teachers Training in Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Therefore, the outreach program team from the faculty intended to solve the problem by conducting a workshop in order to upgrade the students-researchers’ knowledge and understanding of how to construct and analyze a questionnaire. The workshop was done in one day within the duration of 4.5 hours with two sessions. In the first session, the presenters gave the students the workshop topic and materials in terms of how to design and analyze a questionnaire. In the second session, the students were guided to construct a questionnaire and it then was continued with two weeks’ task completion. The presenters also facilitated the students with the online discussion via WhapsApp group. As a matter of fact, the students-researchers gradually understand and know how to construct a questionnaire. They could construct their own research instruments for the sake of their data collection to complete the thesis writing.

Keywords: Workshop, Questionnaire, Faculty of Education and Teachers Training, English Students

Keywords


Workshop, Questionnaire, Faculty of Education and Teachers Training, English Students

Full Text:

PDF

References


Creswell. J.W. 2005. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson Education, Inc.

Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Allyn and Bacon.

Kasnodiharjo, 1993. Langkah-Langkah Menyusun Kuestioner. Media Litbangkes, Vol.3 (2).

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia.

Saleh, 2008. Enam Tradisi Besar Penelitian pendidikan Bahasa. Semarang: UNNES Press.

Wilkinson, D. & Birmingham, P. 2003. Using Research Instruments: A Guide for Researchers. London: Routledge Falmer.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Marwa Marwa, Herlinawati Herlinawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.