Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pahlawan Nasional
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9267
Abstract
ABSTRAK
Artikel yang berupa gagasan dengan judul “Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pahlawan Nasional, berawal dari temuan di lapangan, bahwa pembelajaran sejarah bersifat kognitif-oriented , kurang memperhatikan makna didaktis dan afektif. Artikel ini berusaha menemukan solusi agar terjadi perubahan paradigma dalam menyusun dan mengembangkan materi sejarah. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitik.
Pengembangan karakter siswa sebenarnya dapat efektif dengan materi sejarah. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam materi sejarah dapat dilakukan melalui keteladanan para Pahlawan Nasional. Para pahlawan tersebut telah teruji integritasnya, sehingga pemerintah memberi penghargaan yang tinggi terkait perjuangan, sikap, pemikiran, dan karakternya. Untuk itu, dalam mengembangkan karakter siswa dapat dilakukan melalui isnpirasi dari pahlawan nasional.
Kata Kunci: Materi Sejarah, Pendidikan Karakter, Pahlawan Nasional
ABSTRACT
An article, which is an idea entitled “Character Education through a National Hero Role Model”,begins with a finding in the field, that a History learning tends to be cognitive-oriented as well as inattentive in didactic and affective meanings. This article tries to find out a solution in order that a change of paradigm in compiling and developing a History lesson happens. This process of writing uses qualitative descriptive analytic method.
Developing students’ character actually can be effective with History lesson. The integration of character education in History lesson can be done by National Heroes role model. Those National Heroes have had proven integrity as a result the government handed award for their struggle, attitude, thoughts and character. For that reason, to develop the students’ character can be done through the inspiration from the national hero.
Keywords: History Materials, Character Education, National Hero
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Taufik . (1996). “ Di Sekitar Pengajaran Sejarah yang Refkletif dan Inspiratif”. Dalam Jurnal Sejarah Pemikiran, Rekonstruksi, Persepsi 6 oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Alfian, Magdalia. (2007). “Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi”. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007
Curriculum Corporation. (2003). The Values Education Study: Final Report. Victoria: Australian Government Dept. of Education, Science and Training
Collingwod,R.G. (1973). The Idea of History. London: Oxford University Press
Driyarkara, (1980). Driyarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Gazalba, Sidi . (1966). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.
Hugiono & Poerwantana,P.K. (1987). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta : PT Bina Aksara
Hasan, Hamid S. (1997). “Kurikulum dan Buku Teks Sejarah” dalam Kongres Nasional Sejarah 1996 Jakarta Sub Tema Perkembangan Teori dan Metodologi dan Orientasi Pendidikan Sejarah. Jakarta : Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Hasan, Hamid S. (2007). ‘Kurikulum Pendidikan Sejarah Berbasis Kompetensi’. Makalah pada Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (Ikahimsi) XII. Semarang, 16 April 2007.
Hizam, Ibnu. (2007). “Kontribusi Minat Belajar dan Kemampuan Klarifikasi Nilai Sejarah dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme” dalam Jurnal Penelitian Keislaman, Vol. 3, No. 2, Juni 2007.
Jarolimek, John. (1971). Social Studies in Elementary Education.Ney York: Macmillan Co.
Kartodirdjo, Sartono.(1993).Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Krug, Mark. M. (1967). History and the Social Sciences. Walthan Mass: Braisdell
Kohlberg, Lawrence. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. (Edisi terjemahan oleh John de Santos dan Agus Cremers SUD. Yogyakarta: Kanisius
Kattsoff, Louis. (1992). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Notosusanto, Nugroho. (1971). Norma-norma Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah. Jakarta: Pusat Sejarah ABRI, Departemen Hankam.
Oliva, Peter F. (1982). Developing The Curriculum. Boston, Toronto : Little Brown and Company
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017
Rowse, A.L. (1963). The Use of History. London: Macmillan & Co.
Setianto, Yudi. (2012). Dikotomi Bebas Nilai dan Nilai Pendidikan dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 18, Nomor 4, Desember 2012.
Setianto, Yudi. (2018).Membangun Paradigma Baru Kurikulum Sejarah. Jurnal Karakter PPKn Dan IPS. Vol. 1, Nomor 1, Juli 2018.
Setiadi, Elly M., dkk. (2007). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soedjatmoko. (1990). Dimensi Manusia dalam Pembangunan. Jakarta: LP3ES
Sutopo,H.B. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Tjandrasasmita, Uka. (1983). “Beberapa Saran untuk Penggarisan Pola Penulisan Biografi Pahlawan Nasional” dalam Pemikiran Biografi, Kepahlawanan dan Kesejarahan Suatu Kumpulan Prasaran Pada Berbagai Lokakarya Jilid I. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional
Widja, I Gde. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.
Article Metrics
Abstract view : 3509 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yudi Setianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by