Analisis Karakteristik Siswa Melalui KuesionerAngket Cinta Damai di kelas VII SMP 02 Muaro Jambi

Pujiono Pujiono(1*), Aisyah Nur Hikmah(2),

(1) Mts Negeri Pamenang, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
(2) SMP N 02 Muaro Jambi, kec. Tempino, Kab. Muaro Jambi,Provinsi Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.9002

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik cinta damai dari siswa yang ada di kelas VII SMP 02 Muaro Jambi dengan menggunakan sebuah kuesioner/angket yang berisi 25 pertanyaan, dimana disetiap pertanyaan telah disediakan poin 1-4. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung ke sekolah yang akan dituju. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis dari data tersebut dilakukan dengan perhitungan menggunakan aplikasi yang disebut SPSS. Data hasil dari penelitian ini menunjukkan jika data tersebut berdistribusi normal, yaitu nilai probabilitas 0,2>0,05. Hasil penelitian adalah : 1) Berdasarkan klasifikasi dari penghitungan data angket melalui SPSS dikelas VII C yaitu pada skor 62,51-81,25 ada 29 dari 30 siswa yang termasuk dan berada pada kategori “Sesuai”. Namun sayangnya hanya 1 siswa yang berada pada rentang skor   81,26-100 dan bisa dibilang termasuk kategori “Sangat Sesuai”. 2) Pada kelas VII F berdasarkan klasifikasi dari penghitungan data angket melalui SPSS dikelas VII F yaitu pada skor 43,76-62,5 terdapat 4 siswa yang termasuk kedalam kategori “Kurang sesuai”, pada skor 62,51-81,25 ada 24 siswa yang termasuk dan berada pada kategori “Sesuai”. Dan ada 2 siswa yang berada pada rentang skor 81,26-100 dan bisa dibilang termasuk kategori “Sangat Sesuai”.

 

Kata kunci: Karakteristik siswa, Angket cinta damai

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to find out the characteristics of peace-loving students who were in class VII of Muaro Jambi Middle School 02 by using a questionnaire / questionnaire containing 25 questions, in which points 1-4 were provided. This research was conducted by direct observation to the school to be addressed. The research method used is a quantitative approach. The analysis technique of the data is done by calculating using an application called SPSS. Data from the results of this study indicate if the data is normally distributed, namely a probability value of 0.2> 0.05. The results of the study are: 1) Based on the classification of the questionnaire data calculation through SPSS in class VII C which is in the score 62.51-81.25 there are 29 out of 30 students who are included and are in the "Appropriate" category. But unfortunately only 1 student is in the range of a score of 81.26-100 and arguably includes the category "Very Appropriate". 2) In class VII F based on the classification of the questionnaire data calculation through SPSS in class VII F which is a score of 43.76-62.5 there are 4 students who fall into the category of "Less suitable", in the score 62.51-81.25 there are 24 students who are included in the "Appropriate" category. And there are 2 students in the score range of 81.26-100 and can be categorized as "Very Appropriate".

 

Keywords: Student Characteristics, The Peace-loving Questionnaire


Keywords


karakteristik siswa, cinta damai

Full Text:

PDF

References


Alwi, Idrus. Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif 2(2). ISSN: 2088-35IX

Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, dan Puji Winarti. 2018. Pengembangan Modul Discon Sains Di Sekolah Dasar. Volume 8 Nomor 3 (hlm. 234)

Isjoni. 2006. Pendidikan sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. PII 1 (2) (2012) 204-210

Servitri, Ordo Margaretha. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Berkesulitan Belajar Pada Pembelajaran IPA : Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 7 Nomor 2 (hlm. 79)

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sujana, Atep. 2014. Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS

Utomo, Tri. 2014. Berburu di Hutan Makna. Yogyakarta: Garudhawaca Online Books

Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: PT Setia Purna Inves

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA


Article Metrics

Abstract view : 1261 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Pujiono M, Aisyah Nur Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by