Deskripsi Sikap Kemandirian Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Materi Pesawat Sederhana

Rahma Julia Hastirani(1*), Nurhafizah Nurhafizah(2),

(1) Jambi University
(2) Jambi University
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran sikap kemandirian terhadap mata pelajaran IPA, yaitu fisika pada materi pesawat sederhana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel, yaitu total sampling. Hal yang diamati dalam penelitian ini adalah sikap kemandirian siswa kelas VIII SMPN 09 Muaro Jambi terhadap mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah lembar observasi berupa angket karakter kemandirian terhadap mata pelajaran IPA yang sudah di validasi oleh validator ahli. Angket sikap ini dilakukan dengan menggunakan pengukuran skala likert. Penilaian skala likert adalah sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Hasil penelitian  yang dilakukan mengenai sikap kemandirian siswa terhadap mata pelajaran IPA di SMPN 09 Muaro Jambi. Deskripsi sikap kemandirian siswa berada pada kategori sangat baik. Dilihat dari statistik deskriptif mulai dari mean, modus, median, skor minimum dan skor maksimum yang telah dilihat dan dibandingkan dari dua kelas yang berbeda yaitu kelas VIII B dan VIII C dengan jumlah siswa 53 orang.

 

Kata kunci: Sikap Kemandirian, Materi Pesawat Sederhana

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze the description of the attitude of independence towards natural science subjects, namely physics in simple aircraft matter. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. This study uses sampling techniques, namely total sampling. The thing observed in this study is the attitude of the independence of class VIII Muaro Jambi SMPN 09 towards science subjects. The instrument used in this study is the observation sheet in the form of a character questionnaire of independence for science subjects that have been validated by expert validators. This attitude questionnaire is done using the Likert scale measurement. Likert scale assessments are strongly agree (SS), agree (S), disagree (TS), and strongly disagree (STS). The results of the research were conducted on the attitude of students' independence towards science subjects at Muaro Jambi Middle School 09. The description of students' independence attitude is in a very good category. Viewed from descriptive statistics starting from the mean, mode, median, minimum score and maximum score that has been seen and compared from two different classes namely class VIII B and VIII C with a total of 53 students.

 

Keywords: Attitude Of Independence, Simple Aircraft Matter


Keywords


learning models

Full Text:

PDF

References


Abbath, 1998. Pengajaran yang Efektif. Jakarta : Buku Kedokteran.

Arsaythamby Veloo, R. N. (2015). Attitude towards Physics and Additional Mathematics Achievement towards Physics Achievement. International Education Studies, 35-43.

Asih, D, A, P. (2017). Pengaruh Pengguna Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Formatif, 7(1): 13-21.

Astalini, dkk. 2018. Sikap terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Vol 21.No.2. ISSN : 214-227.

Astalini, dkk. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Negri 5 Kota Jambi. ISSN : 2252-6935.

Astalini, dkk. 2018. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN kabupaten Batanghari. Vol.3 No.2. ISSN : 2477-5959.

Burke, Alison. 2011. Group Work: How to Use Groups Effectively. The Journal of Effective Teaching, Vol. 11, No. 2, 2011, hal 87-95.

Darmadji, dkk. 2018. Deskripsi Keterampilan proses sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika. Vol.6 No.3. ISSN : 2337-604X.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Erdemir, N. (2009). Determining students’ attitude towards physics through problem-solving strategy. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 1-19.

Guido, R. M. (2013). Attitude and Motivation towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research & Technology , 2087-2094.

Giancoli, D. C. (2014). Fisika : Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kartadina, 1988. Teknik pengukuran dan penilaian hasil belajar. Bandung : Rosda.

Kaya, H. &. (2011). Attitude towards Physics Lessons and Physical Experiments of the High School Students. European journal of physics

education, 23-31.

Neolaha, Amus dan A. grace. 2017. Landasan Pendidikan : Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Jakarta : Kencana.

Nursa’adah, F, P & Rosa, N, M. (2016). Analisis kemampuan Berpikir Kreatif Kimia Ditinjau dari Adversity Quotient, Sikap Ilmiah dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 6(3): 197-206.

Olasimbo, O. a. (2012). Attitudes of Students towards the Study of Physics in College of Education Ikere Ekiti, Ekiti State, Nigeria . American International Journal of Contemporary

Research , 86-89.

Prasetya,s dan Ni'matuzahroh.2018. Observasi : Teori dan Aplikasi dalam psikologi. Malang : UNM.

Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Sekretariat Negara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanti, A. 2018. Bimbingan dan Konseling di sekolah Konsep, teori dan aplikasinya. Jakarta : Prenadamedia Group.

Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana

Skripsi Ahmad Arifin. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kemandirian Belajar Terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program studi Teknik Video di SMK Muhammadyah 1 Bantul. Yogyakarta : UNY.

Welch, A. G. (2010). Using the TOSRA to Assess High School Students’ Attitudes toward Science after Competing In the FIRST Robotics Competition: An Exploratory Stud. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 187-197.




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i2.8999

Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Rahma Julia Hastirani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: [email protected]

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.