Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X

Ubaidah Nurul Aminah(1*), Rodhatul Jennah(2), Setria Utama Rizal(3),

(1) IAIN Palangka Raya
(2) IAIN Palangka Raya
(3) IAIN Palangka Raya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v15i1.69781

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan: 1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PAI kelas X, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, dan 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode R & D yaitu mengadopsi langkah-langkah model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Data penelitian ini diperoleh melalui validasi ahli media dan materi, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kelayakan, respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan, serta hasil pretest dan posttest peserta didik kelas X-1. Penelitian menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PAI kelas X yang memuat bahan pembelajaran berupa teks, video, dan kuis. Hasil uji kelayakan media pembelajaran memperoleh sebesar 84% kategori sangat layak dari ahli materi, ahli media sebesar 89% kategori sangat layak, penilaian respon guru PAI sebesar 86% kategori sangat layak, dan penilaian siswa sebesar 88% kategori sangat layak. Efektivitas media diketahui memperoleh rata-rata pretest 68,04 meningkat saat posttets menjadi 83,21 dan diperoleh nilai N-gain sebesar 0,53 yang artinya bahwa media pembelajaran interaktif efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas X.


Keywords


Interactive Learning Media, Feasibility, Effectiveness

Full Text:

PDF

References


Akbar, M., Nizaar, M., Fujiaturrahman, S., Haifaturrahmah, H., & Sari, N. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 17–23.

Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Fimala, Y., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemi. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 6(1), 44–48.

Gustini, H., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 10(1).

Hake, R. R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Hamdi, Rizal, S. U., Hikmah, N., Syabrina, M., Sulistryowati, & Mualimin. (2024). Developing Digital-Based Islamic Religious Education Teaching Modules on the Subject Matter of Duha Prayer in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 131–146.

Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya: Training for Increasing Teachers’ Competence in Making IT-Based Learning Media at SMP Palangka Raya Muhammadiyah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. STAI Darul Dakwah Wal-Irsyad Kota Makassar.

Jennah, R. (2020). Pengembangan media video pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Jennah, R., Masitoh, S., & Mustaji, M. (2018). Development of video media to internalize religious and morals values by using local wisdom. 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018), 405–410.

Lutfi, S., Hamdi, & Aminah, U. N. (2024). Profesionalisme Guru: Aktivitas Pembelajaran dalam Menghadapi Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 339–347.

Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183–196.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Miftah, M. (2022). Efektivitas pemanfaatan media berbasis TIK untuk optimalisasi pembelajaran. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Mirayanti., Zainuddin, M., Arifin, S., & Suryanah. (2024). Analisis Kebutuhan Media Interaktif E-Modul Berbasis Gamifikasi Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 14(3), 260-267.

Oktaviani, R., & Nurhamidah, D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 717–726.

Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 452–465.

Rizal, S. U., Hamdi, H., & Hikmah, N. (2023). Digitalisasi Pembelajaran PAI dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Proceeding Annual Conference on Islamic Religious Education, 3(1).

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh kepemimpinan pendidikan di era Revolusi Digital Industri 5.0 di masa pandemi. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2), 37–47.

Supriadi, G., & Azis, A. (2023). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam‎ Menyusun Perangkat Pembelajaran‎ Di Kalimantan Tengah: Islamic Education Teachers’ Competence In Compiling Learning Tools In Kalimantan Tengah. Anterior Jurnal, 22(1), 94–98.

Susanty, L., Hartati, Z., Sholihin, R., Syahid, A., & Liriwati, F. Y. (2021). Why English teaching truth on digital trends as an effort for effective learning and evaluation: opportunities and challenges: analysis of teaching English. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 303–316.

Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.

Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan media komik digital pada pembelajaran IPS siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 61–70.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Ubaidah Nurul Aminah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by